24 Februari 2009

6M (ENAM M)

dalam kehidupan sehari-hari kita sering memikirkan atau berencana memiliki sebuah usaha, atau singkatnya ingin menjadi wirausaha. kalau dilingkungan kampus setiap mahasiswa/i pasti tidak asing lagi dengan mata-kuliah KEWIRAUSAHAAN. Bahkan kabarnya mata-kuliah ini akan diwajibkan kepada kepada semua jurusan disetiap perguruan tinggi diseluruh indonesia. Hal ini mengingat ketatnya persaingan di pasar kerja pada masa sekarang ini. oleh kerena itu dengan menempuh mata-kuliah ini mahasiswa/i mampu berkreativitas menciptakan usaha sendiri dan tidak tergantung pada pasar kerja.

Terkait dengan hal tersebut diatas tentunya kita harus belajar banyak tentang cara menjalankan suatu usaha. Dalam Mata-kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia, dosen saya menerangkan bahwa untuk mendirikan suatu usaha atau pun juga organisasi kita harus memiliki 6M. 6M yang dimaksud adalah:
1. Man (Manusia/Orang)
Manusia atau orang disini adalah yang bertugas untuk menjalankan suatu kegiatan usaha.
2. Money (Uang/Modal)
seperti yang kita ketahui modal adalah unsur yang sangat penting untuk menjalankan suatu usaha. tampa modal kita tidak bisa apa. banyak orang yang memiliki ide usaha tetapi terkendala dengan modal.
3. Meterial (Bahan Baku)
Bahan Baku adalah bahan-bahan yang akan kita proses untuk menjadi satu produk yang akan kita tawarkan.
4.Machine (Mesin)
Mesin adalah faktor yang menentukan efektifitas dan maksimalitas suatau usaha dalam hal produksi.
5.Method (Metode/Cara)
Cara yang dimaksud adalah Cara menjalankan Produksi,Cara Pemasaran,Cara Pengorganisasian,dll.
6.Market (Pasar)
Pasar adalah yang menentukan kelansungan suatu usaha. pada prinsifnya produk yang kita hasilkan harus lah merupakan produk yang memiliki daya saing. Persaingan bisa dari segi kualitas,harga,pengemasan,dll.

Bersambung....

Tidak ada komentar: